2.2.4.   Sistem Informasi

Sistem informasi pada beberapa literature sering disebut sebagai sistem pengolahan data. Penggunaan kata sistem pengolahan data pada materi ini dimaksudkan untuk mempermudah pemahaman mahasiswa. Sistem informasi yang dapar di definisikan secara garis besar sebagai suatu sistem yang menerima, menghubungkan, menyimpan, mengolah, dan menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan.

Sistem informasi atau pengolahan data tersebut terdiri dari seluruh personil, peralatan, dan prosedur yang diperlukan untuk melaksanakan fungsi organisasi atau perusahaan penentuan tingkat dimana sistem yang berjalan dapat menjawab kebutuhan organisasi dengan informasi yang relevan dan tepat waktu, serta tingkat efisiensi yang dilakukan oleh sistem tersebut, merupakan keseluruhan objektif dari analisa sistem.(2012:28&29) Sistem Informasi Manajemen

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini termasuk didalamnya perkembangan teknologi komputer, berdampak pada kompleksitas informasi-informasi yang ditimbulkannya komdisi seperti ini membutuhkan suatu sistem manajemen dari informasi-informasi tersebut. Sistem yang dimaksud adalah sistem informasi manajemen (Management Information System/SIM).

SIM bukan merupakan hal yang baru, yang baru adalah komputerisasinya. Sebelum ada komputer, teknik SIM telah ada untuk member manajer informasi yang memungkinkan mereka merencanakan serta mengendalikan operasi. (2012:248)