BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam pembentukan karakter bahkan suatu bangsa akan di pandang atau bangsa yang maju dilihat dari kemampuan sumber daya manusianya ,karena kemampuan dari sumber daya manusia akan menentukan masa depan bangsanya.

    Perkembangan teknologi yang semakin canggih di dalam penggunaan computer dalam pegolahan data pada suatu perusahaan besar maupun kecil merupakan suatu kebutuhan dimana bila kita perhatikan saat ini hampir semua bidang yang awalnya menggunakan tenaga manusia yang secara manual maka sekarang dipermudah dengan adanya komputerisasi dalam pengolahan data yang serba otomatis. Teknologi informasi telah membuka system social networking tanpa batas masyarakat saat ini terhadap computer semakin baik khususnya dalam dunia pendidikan,dan tidak dapat dipungkiri bahwa computer memang alat yang sangat berpengaruh dalam usaha mengoptimalkan kinerja di suatu perusahan maupun di bidang akademik. Komputer di jadikan sebagai sarana pendidikan,maka dengan sendirinya diperlukan berbagai jenis program perangkat lunak karena media pendidikan dalam perspektif yang lebih luas adalah alat atau bahan yang dapat digunakan dalam komunikasi pembelajaran.

    

    Kemajuan teknologi dalam menyajikan system informasi telah berkembang luar biasa yang menunjukan orang dapat mengakses informasi secara instan dalam berbagai bentuk, bahkan merembah ke berbagai bidang antara lain pendidikan, bisnis, prosedur kerja, managemen, samapai pada kehidupan rumah tangga. Keterbatasan dana dan fasilitas pendidikan dapat diatasi oleh system informasi digital ini. Sistem informasi digital merupakan bentuk implementasi publikasi karya dan dokumentasi yang memanfaatkan teknologi. Sistem informasi digital ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional kedalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. SMK Grafika YL adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerak dibidang computer dan teknik. SMK Grafika YL yang menangani masalah keamanan siswa siswi menunjukan karyanya. Pada saat ini kebebasan siswa/I untuk mempublikasikan karya-karya dan foto-foto kegiatan mereka lewat majalah dinding di SMK Grafika YL kurang efisien.Penulis melihat terdapat beberapa kendala para siswa/i takut untuk mempublikasikan mengekspresikan karya-karya mereka, karena takut di rusak.

    Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mengangkat menjadi bahan untuk punulisan tugas akhir (TA) dengan judul “PENGEMBANGAN WEB DOKUMENTASI DI SMK GRAFIKA YAYASAN LEKTUR JAKARTA SELATAN”.

 

 

 

  1. Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana kondisi kreasi dan kegiatan siswa dan siswi yang ada di SMK Grafika saat ini?
  2. Apa media yang di gunakan untuk mengekspos kreasi dan dokumentasi siswa/I tersebut dan dapat dilihat oleh lingkungan sekitar sekolah bahkan dunia?
  3. Bagaimana tampilan hasil dari kreasi, menggunakan media tersebut?

 

  1. Identifikasi dan Batasan Masalah

    Penulisan laporan pengembangan web dokumentasi di smk grafika yayasan lektur jakarta selatan ini dibatasi hanya mengenai menginput video karya seni dan dokumentasi siswa serta tata cara mengedit codingannya dengan menggunakan aplikasi dreamwever dan corel web creator

    Oleh karena itu, dalam proses menginput video dan foto kreasi dan dokumentasi siswa serta mengedit coding web ini, dibuat dengan teknik yang benar, ditampilkan secara menarik dan tentunya konten dari web tersebut tidak monoton dan mudah dimengerti agar para penonton mendapatkan pesan yang disampaikan dari video / foto tersebut.