KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas ridho dan hidayah-Nyalah Penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini. Maksud dan tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memenuhi persyaratan kelulusan program Studi Diploma III pada Jurusan Manajemen Informatika di AMIK Wahana Mandiri. Selain itu penulis juga dapat mencoba menerapkan dan membandingkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dibangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lingkungan kerja. Penulis menyadari bahwa dalam menyusun laporan ini masih menemui beberapa kesulitan dan hambatan, disamping itu juga menyadari bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya, maka dari itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak.

Menyadari penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:

1)    Bapak Asep Jalaludin, ST, MT selaku direktur AMIK Wahana Mandiri

2)    Bapak Yasin Effendi,S.Kom, M.Kom selaku Ketua Prodi AMIK Wahana Mandiri

3)    Bapak Saipul Anwar,S.Kom,M.Kom selaku dosen pembimbing pertama yang telah bersedia untuk meluangkan waktu untuk membimbing, memeriksa, serta memberikan petunjuk-petunjuk serta saran dalam penyusunan laporan ini.

4)    Bapak dan Ibu penulis yang dengan sabar dan gigih membesarkan dan mendo’akan Penulis.

5)    Bapak Dona Octanary, S.Pd sebagai dosen pembimbing kedua yang telah bersedia untuk meluangkan waktu untuk membimbing, memeriksa, serta memberikan petunjuk-petunjuk dalam penyusunan laporan.

6)    Bapak Gatot Hari Priowirjanto, yang tak pernah bosan memberikan semangat, dan atas bantuan beliaulah Penulis dapat mengikuti pendidikan ke jenjang D3 hingga dapat melaksanaan penulisan TA ini.

7)    Seluruh staf GRAFIKA LEKTUR dan teman-teman penulis yang telah memberikan dukungan bagi penulis untuk menyelesaikan tugas akhir ini.

Serta seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah banyak membantu selama ini.

Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan karunia-Nya dan membalas segala amal budi serta kebaikan pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan laporan ini dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Jakarta, 7 April 2013

Dian Tegar Manggala

ABSTRAK

Key words:


 

DAFTAR ISI

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR TABEL

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1          Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang semakin canggih di dalam penggunaan komputer dalam pegolahan data pada suatu perusahaan besar maupun kecil merupakan suatu kebutuhan dimana bila kita perhatikan saat ini hampir semua bidang yang awalnya menggunakan tenaga manusia yang secara manual maka sekarang dipermudah dengan adanya komputerisasi dalam pengolahan data yang serba otomatis.

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting untuk mendukung efisiensi serta efektifitas dalam mengolah data yang sangat banyak secara terstruktur. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pekerjaan-pekerjaan yang rumit dalam menyusun dan mengelompokkan data secara manual dapat dilakukan dengan mudah.

SMK Grafika YL adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerak dibidang komputer dan teknik. SMK Grafika YL yang menangani masalah keamanan siswa siswi menunjukan karyanya. Pada saat ini kebebasan siswa/I untuk mempublikasikan karya-karya dan foto-foto kegiatan mereka lewat majalah dinding di SMK Grafika YL. Mading adalah media untuk mempublikasikan karya-karya siswa dan siswi smk grafika, dengan adanya mading ini para mahasiswa bisa dengan lebih kreatif untuk berkarya, namun madding ini sangat tidak efisien karna sangat merugikan si pembuat karya-karya tersebut.

Satu lagi ada media untuk mempublikasikan karya mereka yaitu ALPHABET yaitu sebuah exskul yang membuat buku untuk di jual oleh para orang tua murid saat pengambilan rapot, dengan adanya exskull ini para siswa sedikit lebih aman untuk mengekspresikan karya-karya mereka namun tetap saja karya-karya mereka hanya bisa dilihat saat mereka sekolah di situ saja dan selalu di anggap dengan sebelah mata.

Penulis melihat terdapat beberapa kendala para siswa/i takut untuk mempublikasikan mengekspresikan karya-karya mereka, karena takut di rusak dan takut tidak di lihat karna hal-hal tersebut.

1.2         Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan, maka rumusan masalah yang dapat disimpulkan adalah:

  1. Bagaimana kondisi kreasi dan kegiatan siswa dan siswi yang ada di SMK Grafika saat ini?
  2. Apa media yang di gunakan untuk mengekspos kreasi dan dokumentasi siswa/I tersebut dan dapat dilihat oleh lingkungan sekitar sekolah bahkan dunia?
  3. Bagaimana tampilan hasil dari kreasi, menggunakan media tersebut?

1.3         Tujuan Penulisan

–          Memberikan alternatif media untuk pengelolaan data karya dan dokumentasi siswa/i SMK Grafika secara lebih aman.

–          Mengembangkan web SMK Grafika akar tidak monoton dan lebih menarik dengan adanya konten dokumentasi tersebut.

1.4         Identifikasi dan Pembatasan Masalah

Dalam penulisan tugas akhir ini penulis membatasi permasalahan dalam lingkup:

–       Pembuatan media penyimpanan karya siswa/i di Grafika Lektur

–       Bahasa pemrograman yang digunakan adalah XML, HTML, ActionScript, dan javascript.

1.5        Sistematika Penulisan

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini, pembahasan dan penganalisaannya diklasifikasikan secara sistematis ke dalam 5 (lima) bab yaitu:

BAB 1             : PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulisan mengemukakan  tentang  Latar Belakang Masalah,  Tujuan Penulisan, Ruang Lingkup, dan Sistematika Penulisan.

BAB 2             : LANDASAN TEORI

Bab ini membahas secara singkat teori yang dipakai sebagai landasan dalam perancangan media, yang meliputi konsep dasar sistem informasi, pengembangan sistem informasi, Pemrograman HTML, javascript, ActionScript.

BAB 3             : ANALISA SISTEM

Dalam bab ini penulis melakukan analisis terhadap sistem pempublikasian karya murid SMK Grafika Lektur, dan kemudian penulis akan menuliskannya dalam bentuk Flowchart, DFD, ERD sebagai acuan untuk perancangan sistem informasi yang akan dikembangkan.

BAB 4             : RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM

Dalam bab ini penulis membuat rancangan sistem baru  terhadap materi yang penulis angkat sesuai dengan judul yang diambil dari data yang diperoleh  seperti Struktur Kode, Spesifikasi Hardware / Software dan Jadwal Implementasi.

BAB 5             : PENUTUP

Dalam bab ini berisikan tentang kesimpulan yang dapat penulis ambil dari penulisan ini, dan saran–saran yang berguna bagi team pengembang SMK Grafika Lektur sebagai masukan.